Selasa, 11 September 2007

Tips Komputer Hari Ini: Searching di Google (bagian I)

Barangkali selain email, bila komputer kita terhubungkan ke Internet, fasilitas yang sering digunakan adalah searching. Dan biasanya pula bila kita melakukanitu, kita menggunakan Google (www.google.com atau www.google.co.id). Padahal ada search engine lain selain Google.
Kita fokuskan saja ke Google sekarang. Kalau kita mau search, ya kita tinggal tuliskan kata kunci yang berhubungan dengan apa yang kita mau cari. Semakin spesifik kata-kata kunci itu, maka akan semakin besar kemungkinan kita akan menemukan apa yang mau kita cari.
Ini mungkin semua orang sudah tahu.
Minggu lalu saya baru saja selesai membaca satu buku yang cukup tebal khusus tentang Google, yaitu "Google Hack - 100 Industrial-Strengths Tips and Tools" Karangan Tara Calashain. Ternyata hanya Google saja banyak sekali yang harus kita tahu untuk bisa menggunakannya secara maksimal. Di sini saya hanya akan memberikan beberapa tips singkat saja.

1. Bila kita menggunakan kata kunci berupa frase, pastikan bahwa frase tersebut dikunci dengan menggunakan tanda kutip. Contohnya, kita akanmencari halaman-halaman yang mengandung nama Asep Dadan. Bila yang kita cari adalah Asep Dadan dan bukan Dadan Asep, maka sebaiknya kita menguncinya dengan menggunakan tanda kutip. Maka tuliskanlah "Asep Dadan". Bila tidak dikunci menggunakan tanda kutip, maka Google juga akan menampilkan halaman-halaman yang mengandung kata Asep dan Dadan, atau bisa juga Dadan Asep.

2. Tidak semua yang ingin kita cari adalah berupa halaman-halaman Internet. Kadang kita juga ingin menemukan dokumen-dokumen dalam bentuk *.DOC, *.PDF atau mungkin Powerpoint, yaitu *.PPT. Bila yang kita cari adalah dokumen, maka selain kata kunci, tambahkan filetype.
Contohnya begini :
"Asep Dadan" filetype:DOC - Artinya, kita akan mencari semua dokumen dalam format DOC (Microsoft Word) dan di dalam dokumen tersebut mengandung kata "Asep Dadan".
Dua tips saja dulu untuk Google hari ini.

Tidak ada komentar: