Senin, 10 September 2007

Tips Komputer Hari Ini: Autocorrect di Word

Kita sehari-hari tentu mengetik untuk pekerjaan menggunakan Microsoft Word. Tapi yang saya amati, masih banyak yang menggunakan program ini secara standard saja. Artinya, hanya mengetik, mengatur lay-out dan font, kemudian print. Padahal sebenarnya banyak sekali fitur di dalam MS Word yang akan memudahkan pekerjaan kita. Salah satu di antaranya adalah Auto-Correct.
Tidak jarang kita kalo mengetik suka salah tulis, atau menulis sesuatu yang panjang dan diulang-ulang lagi. Ini dapat diatasi dengan fitur Auto-Correct. Untuk mengaksesnya, klik Tools, lalu pilih Auto-Correct (Untuk MS-Word versi 2000) atau klik Tools dan pilih Auto-Correct Options (Untuk MS-Word versi 2003).
Ambil contoh begini. Kita ingin menuliskan "Sekolah Tinggi Bahasa Asing" pada sebuah dokumen, dan kita harus menuliskannya sepanjang itu secara berulang-ulang pada alinea-alinea yang berbeda. Tentu capek dan membosankan kalau kita mesti menuliskannya seperti itu. Untuk mengatasi hal seperti ini caranya adalah dengan memasukkan sebuah kata kode untuk mewakili itu. Misalnya kita gunakan kata "kamp". Masukkan kata "kamp" ini ke kolom "Replace", lalu masukkan kata "Sekolah Tinggi Bahasa Asing" pada kolom "with". Lalu klik OK.
Nah, sekarang kita coba. Kita ketikan kata "kamp" lalu tekan space.
Apa yang terjadi ? Silahkan coba.
Demikian juga untuk kata-kata yang sering kita ketikkan secara salah. Misalnya kita sering salah mengetik "and" jadi "dan" dalam dokumen bahasa Inggris ... kita tinggal masukkan saja ke kedua kolom tadi.
Demikian tips untuk hari ini.

Tidak ada komentar: