Rabu, 05 September 2007

Tips Komputer Hari Ini : Flash Disk (bagian I)

Sekarang penggunaan flash disk sudah tidak terhindarikan lagi. Harga semakin murah, dan kehandalan dan kapasitasnya jauh melebihi disket yang mudah rusak itu. Ada sedikit keraguan dan ketidakpastian di antara banyak pengguna flash disk. Antara lain :
"Apakah ketika kita akan mencabut flash disk kita tidak boleh langsung mencabutnya ? Apakah harus selalu menggunakan "Safe Removal" ?
Jawabannya adalah : Tidak.
Artinya, kita bisa saja mencabut pasang flash disk, tanpa harus mengklik icon di sebelah kanan bawah itu. Akan tetapi ada hal yang harus dilakukan dulu.
Tancapkan flash disk di port USB seperti biasa. Lalu kita klik kanan icon My Computer, pilih properties, klik jendela hardware, lalu pilih device manager. Klik satu kali tanda + di sebelah kanan tulisan "Disk Drives". Nanti akan muncul tulisan, misalnya, "USB 2.0 Flash Disk USB Device". Pada tulisan itu klik kanan dan pilih properties. Klik jendela Policies. Pilih "Optimize for
Quick Removal". Bila pilihan itu sudah ditandai klik OK. Beres.
Mulai sekarang, bila memasang atau mencabut flash disk yang biasa kita gunakan, kita bisa bebas melakukannya.
B
ila flash disk yang digunakan berbeda, lakukan prosedur yang sama dulu, untuk memastikan bahwa "optimize for quick removal" sudah dipilih. Mulai sekarang kita tak perlu khawatir kehilangan data, Tentu ada syarat lainnya, yaitu kehati-hatian .... yang akan saya uraikan di Tips Komputer berikutnya.

Tidak ada komentar: